Jumat, 16 Oktober 2009






Calhaj Asal Kabupaten Sergai Tergabung Dalam Kloter 11

Sei Rampah, (SergaiPos)

Sebanyak 131 orang calon jemaah haji tahun 1430 Hijriyah/2009 M asal Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) hasil kur'ah Kanwil Depag Sumatera Utara masuk dalam kelompok terbang (kloter) 11 embarkasi Polonia Medan gelombang pertama.

Ke-131 calon jemaah haji Sergai itu direncanakan berangkat menuju tanah suci pada tanggal 4 November 2009 bergabung dengan jemaah dari Kota Medan dan Kota Binjai yang berjumlah 319 orang ditambah 5 orang petugas sehingga seluruhnya berjumlah 455 orang.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sergai H.T. Erry Nuradi dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wakil Bupati H. Soekirman pada acara pembukaan manasik akbar musim haji tahun 1430 Hijriyah/ 2009 M yang dilaksanakan di halaman Mesjid Agung Jami’ Kecamatan Sei Rampah, Senin (12/10) yang juga dihadiri Kepala Kantor Depag Sergai Drs. H.M. Hasbi, MH, Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sergai H. Lukman Yahya, Pimpinan Bank Sumut Cabang Pembantu Sei Rampah T. Ade Maulanza, Ketua KBIH Al Mabrur Kecamatan Perbaungan H. Nasrin, para Kepala KUA Kecamatan serta para calon jemaah haji/hajjah.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, kegiatan bimbingan manasik akbar sangat penting bagi para calon jemaah haji, karena semakin sering mengikuti manasik maka pengalaman baik teori maupun praktek lapangan akan bertambah sehingga ilmu manasik yang diperoleh selain dapat mempererat dan mengenal sesama calon jemaah juga dapat keuntungan ganda sebelum berangkat ke tanah suci.

Kepada para calhaj yang akan berangkat menunaikan ibadah haji Bupati minta agar sejak dini dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya termasuk melaksanakan berbagai bekal materi manasik yang sudah dimiliki. Para jemaah agar dapat memahami tentang rukun dan wajib haji sehingga nantinya di Madinatul Munawarroh dan di Mekkah Al-Mukaromah sudah dapat diimplementasikan sebagaimana mestinya. Selain itu para calon haji juga diminta untuk mempertebal rasa sabar karena pengalaman berhaji ini penuh dengan cobaan dari Allah SWT, kata Bupati.

Sementara itu Kepala Kantor Depag Kabupaten Sergai Drs. H.M. Hasbi, MH melaporkan bahwa kegiatan manasik bagi calon haji (calhaj) bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan para jamaah calhaj dalam melaksanakan ibadah haji sekaligus dapat menjalin hubungan silahturahmi antar jemaah baik yang berasal dari tanah air maupun di Arab Saudi.

Manasik akbar di Mesjid Jami' Kecamatan Sei Rampah itu dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 12 sampai 15 Oktober 2009 dengan jumlah peserta sebanyak 133 orang jamaah calhaj tahun 1430 H / 2009 M dan 215 orang jamaah calhaj tahun 1431 H / 2010 M (Humasy Sergai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar